Time

Sabtu, 12 September 2015

Pemrograman Web 2 : Konsep Teknologi Informasi

Hari senin yang lalu, untuk pertama kalinya saya mengikuti perkuliahan Pemrograman Web 2. Perkuliahan itu terjadi saat siang hari tepat setelah makan siang, membayangkannya saja sudah mengantuk ya. Walaupun mengantuk saya tetap harus semangat mengikuti pelajaran ini.
Pada hari pertama tersebut, dosen saya menjelaskan tentang beberapa pelajaran yang di pelajari di semester lalu. Salah satunya tentang MVC( Model, View, Control)

Lalu sebenarnya apa itu MVC?
dan apa pula Teknologi Informasi itu?

MVC(Model, View, Control)
merupakan sebuah cara yang digunakan untuk menyusun program secara terstruktur agar dapat mempermudah seorang programmer dalam menulis code. Melalui MVC ini, pengembangan aplikasi yang berdasarkan komponen utama untuk membangun sebuah aplikasi dipisahkan dengan kontrol aplikasi nya serta user interface nya.
Dan berikut merupakan komponen utama dari MVC:

  1. Model: digunakan sebagai core suatu program, biasanya pada Model seluruh Entity diletakkan disini. Dan nantinya akan berhubungan langsung dengan Database.
  2. View: merupakan bagian yang terhubung langsung dengan user. Karena view adalah sebuah user interface. Biasanya, di dalam view terdapat bahasa pemrograman seperti html dan bagian ini sama sekali tidak terhubung dengan Model.
  3. Controller: merupakan bagian yang mengatur hubungan antara Model dan View. Controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user untuk kemudian diproses.
Dengan menggunakan MVC, seorang programmer dapat mempersingkat pekerjaannya, karena yang mengerjakan View biasanya seorang designer web. 

Pada perkuliahan kali ini juga membahas tentang Teknologi Informasi

Dalam Oxford English Dictionary (OED2) edisi ke-2 mendefinisikan teknologi informasi adalah hardware dan software, dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.
Menurut Haag dan Keen (1996), Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. 
Menurut Martin (1999), Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim informasi. 
Menurut Williams dan Sawyer (2003), mengungkapkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. 
Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan juga bahwa teknologi informasi bukan hanya komputer, tetapi juga terdapat teknologi telekomunikasi. Jadi, Teknologi Informasi merupakan gabungan dari teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Teknologi Komputer itu sendiri merupakan hal-hal yang berhubungan dengan perangkat komputer. Komputer merupakan sebuah mesin serbaguna yang dapat digunakan sebagai alat pengolahan data menjadi informasi.
Sedangkan Teknologi Telekomunikasi merupakan teknologi komunikasi jarak jauh.
Dengan di gabungkan kedua teknologi tersebut, maka pengolahan data yang kemudian menjadi informasi dapat dibagikan ke semua tujuan dengan jarak yang jauh sekalipun. Dan juga dapat menghubungkan beberapa komputer sehingga pembagian informasi menjadi lebih efektif.

Jadi, Teknologi Informasi merupakan alat atau perangkat tertentu yang dapat membantu manusia dalam mengolah, memanipulasi atau mengorganisasikan data tertentu atau pesan yang kemudian di sampaikan kepada objek yang ditu sekalipun dengan jarak yang jauh.

Sekian tulisan saya kali ini
referensi: http://dosen.gufron.com/artikel/pengertian-dan-definisi-teknologi-informasi/1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Any critic, comment or suggestion? Just write down ;)